///Agenda Ekonomi di Hari Jadi ke-50 ASEAN

Agenda Ekonomi di Hari Jadi ke-50 ASEAN

50 tahun setelah Deklarasi Bangkok, negara anggota Association of South East Asian Nation (ASEAN) akan memperingati hari jadinya pada tanggal 8 Agustus 2017. Di usianya yang setengah abad, perjalanan ASEAN sebagai asosiasi di kawasan Asia Tenggara kini menuai beragam pertanyaan mengenai pencapaian yang telah dimiliki. Namun, di saat yang sama menjadi momen yang tepat untuk merefleksikan potensi dan peluang bagi masa depan kawasan.

Jumlah populasi 625 juta jiwa, pendapatan kapita sebesar 2,6 triliun dollar AS dan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi 5 persen di tiap tahun nya, menjadikan ASEAN sebagai ekonomi terbesar ke-6 dunia pada awal tahun 2017 (Sekretariat ASEAN). Dengan adanya integrasi ekonomi ASEAN, angka tersebut diproyeksikan bertumbuh hingga 7 persen agar pendapatan kawasan berlipat ganda setiap 10 tahun sekali.

Untuk mencapai angka tersebut, potensi ASEAN harus dikenali dan perencanaan yang ada butuh realisasi. Penting bagi ASEAN untuk menyelesaikan perundingan kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang memberikan kontribusi lebih 30 persen PDB dunia. Perundingan ini juga dapat mendorong implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) agar perdagangan bebas antar negara-negara dapat terealisasi dan usaha lokal bisa menembus pasar global. Untuk peluang, ASEAN kini merupakan pasar internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dengan masuknya dunia di puncak revolusi industri keempat, ASEAN memiliki tantangan baru untuk menavigasi laju percepatan perubahan teknologi dan transformasi digital. Terlepas dari tantangan dan peluang yang dihadirkan kawasan, ASEAN membuktikan mampu menjadi komunitas perdamaian tidak hanya bagi Asia Tenggara tetapi juga dunia. Selamat memasuki usia 50 tahun ASEAN

2017-08-09T14:45:01+07:00

Leave A Comment