///Kemenangan Merkel dan PR Besar Integrasi Eropa

Kemenangan Merkel dan PR Besar Integrasi Eropa

Jerman baru saja menghelat pesta demokrasi yang puncaknya diselenggarakan pada 24 September lalu. Hasilnya, partai konservatif CDU/CSU yang dipimpin Angela Merkel kembali memenangkan pemilu Jerman pada tahun 2017 ini.

Sebagai tulang punggung Uni Eropa, kepemimpinan Jerman dianggap sangat berpengaruh dalam mengatasi krisis yang kini dialami Uni Eropa, terutama setelah keluarnya Inggris dari organisasi regional tersebut. Kembali terpilihnya Merkel sebagai kanselir Jerman membawa angin segar bagi rencana perkuatan integrasi ekonomi dan politik Uni Eropa, dimana sebelumnya Merkel secara tegas mendukung gagasan Multi-speed EU Presiden Perancis Emmanuel Macron untuk mengatasi permasalahan Uni Eropa, khususnya di bidang ekonomi, migrasi, dan pertahanan.

Namun, tekad pemerintah Jerman dalam memimpin penguatan integrasi Uni Eropa tidak selalu sejalan dengan keinginan masyarakatnya. Untuk pertama kalinya, partai ekstrem sayap kanan AfD masuk dalam keanggotaan parlemen Jerman dan menjadi pemenang ketiga terbesar dalam pemilu Jerman 2017. Meskipun CDU/CSU masih bisa mengamankan kursi kanselir, hasil pemilu 2017 ini merupakan perolehan suara terburuk sejak Perang Dunia II. Ini membuktikan bahwa semangat Euroskepticism di kalangan masyarakat Jerman yang menganggap keanggotaan negaranya dalam Uni Eropa justru membawa dampak negatif khu-susnya dalam isu imigrasi dan pengangguran di kalangan kulit putih.

Dengan kondisi politik domestik yang tidak mudah ini, kemenangan Merkel menjadi kanselir Jerman untuk keempat kalinya tidak serta merta dapat menjamin mulusnya rencana Merkel untuk memperkuat integrasi Uni Eropa. Untuk dapat merealisasikannya, Merkel harus banyak berkompromi dengan partai AfD yang notabene lebih mengedepankan kepentingan domestik dibandingkan kepentingan regional. Jika kompromi itu tidak berhasil, tentu tidak hanya akan berpengaruh besar pada arah kebijakan Jerman, namun juga nasib Uni Eropa di masa depan.

 

2017-11-23T16:13:19+00:00

Leave A Comment