///Krisis Diplomasi di Timur Tengah

Krisis Diplomasi di Timur Tengah

Kawasan Timur Tengah diterpa krisis diplomasi terbesar dalam beberapa dekade terakhir. Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain dan Yemen secara serempak melakukan pemutusan hubungan diplomasi dengan Qatar setelah surel Emir Tamim bin Hamad Al Thani diretas. Hasil retasan ini menjelaskan bagaimana pemerintah Qatar memberikan dukungan dana pada kelompok militan seperti Ikhwanul Muslimin, Al Qaeda dan ISIS. Selain itu, peretas juga membeberkan bagaimana pemerintah Qatar mengkritik Amerika Serikat atas sikap mereka terhadap Iran, yang dianggap memiliki peran besar dalam stabilisasi kawasan. Hubungan Qatar dengan Iran kemudian menjadi penting karena persaingan antara Iran, yang dipimpin oleh kelompok Syiah, dengan Arab Saudi, yang dipimpin oleh kelompok Sunni.

Hal ini kemudian menyebabkan Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lainnya melakukan pemutusan hubungan dengan Qatar, baik secara diplomasi maupun ekonomi. Arab Saudi memutuskan jalur transportasi baik darat, laut, maupun udara ke Qatar, dan Uni Emirat Arab menutup bandara dan pelabuhannya terhadap semua penerbangan dan pengiriman ke Qatar. Hal serupa juga dilakukan oleh Qatar, dengan menginstruksikan diplomatnya untuk kembali ke Qatar dan menghimbau warga negaranya untuk meninggalkan negara-negara yang terlibat krisis dengan Qatar.

Krisis diplomasi ini menjadi sangat penting terutama bila dikaitkan dengan pentingnya peran negara-negara yang terlibat dalam perekonomian global. Peran Qatar sebagai negara pengekspor gas alam cair (LNG) terbesar, yang memasok hampr sepertiga kebutuhan dunia, menjadi sorotan penting. Ancaman kenaikan harga energi tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi perekonomian global. Hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja. Akan sangat menarik untuk mengikuti bagaimana Amerika Serikat khususnya yang memiliki kepentingan langsung dengan pangkalan militernya di Qatar bertindak dalam merespon konflik ini. Stabilitas perekonomian global menjadi salah satu taruhannya

2017-08-09T14:45:25+07:00

Leave A Comment