///Memperingati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia

Memperingati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari jadinya yang ke-72 tahun tepat pada hari Kamis, 5 Oktober 2017. Dihadiri Presiden RI Joko Widodo yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara, Panglima TNI, para kepala staf angkatan, undangan, ser-ta masyarakat umum, perayaan HUT TNI tahun ini dilaksanakan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten. Peri-ngatan HUT TNI ini juga dimeriahkan oleh pameran alat persenjataan dan juga beberapa atraksi lain yang dibawakan langsung para prajurit TNI.

HUT ke-72 ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat” yang mengandung makna bahwa TNI akan selalu berdampingan dengan seluruh elemen masyarakat sipil demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Momen tersebut sekaligus menegaskan kembali peran dan posisi TNI sebagai bagian integral dari sistem demokrasi yang dianut oleh Indonesia. Ini juga menjadi penanda bahwa TNI masih konsisten menjaga amanat reformasi dengan dua fungsi utamanya, yaitu sebagai benteng kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta menjaga netralitasnya untuk kepentingan stabilitas politik nasional.

Sebagai institusi negara dengan tingkat kepercayaan dan kepuasaan publik paling tinggi menurut beberapa survei nasional, tentunya masyarakat banyak menaruh harapan terhadap TNI untuk terus konsisten dalam fungsinya yang telah diamanatkan oleh UU.

Perayaan hari jadi TNI ini juga dapat diartikan sebagai pemompa semangat seluruh prajurit TNI dalam mengembangkan institusinya demi mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Dalam kiprahnya di dunia internasional, militer Indonesia memiliki peran yang semakin penting dari masa ke masa. Keikutsertaannya dalam berbagai misi internasional di bawah bendera PBB seperti di Libanon, Sudan, dan beberapa negara yang sedang berkonflik lainnya, membuktikan bahwa militer Indonesia mampu dan terus meningkatkan profesionalismenya serta berkontribusi aktif dalam rangka menjaga perdamaian dunia.

Dirgahayu ke-72 Tentara Nasional Indonesia!

2017-11-23T16:22:32+00:00

Leave A Comment