///Polemik KPK dan DPR

Polemik KPK dan DPR

Isu mengenai polemik antara DPR dan KPK kembali menguat, apalagi setelah pencabutan status tersangka Setya Novanto dalam sidang pra peradilan pada Jumat (29/9) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Polemik antara DPR dan KPK diawali ketika DPR mengajukan hak angket untuk KPK dengan alasan adanya temuan-temuan yang mencurigakan di internal KPK. Bahkan  pada  saat  rapat  paripurna DPR, Fahri Hamzah secara kontroversial  memutuskan untuk memperpanjang masa Hak Angket DPR menjadi lebih dari 60 hari sejak pembentukan dengan alasan KPK tidak hadir dalam persidangan tersebut.

Hingga saat ini, sebenarnya masih terjadi perdebatan tentang Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket. Tidak semua partai politik di DPR RI mendukung kerja pansus. Dalam sidang paripurna, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Kebangkitan Kebangsaan, dan Fraksi Partai Gerindra walk-out untuk menyatakan penolakan mereka. Fraksi PKS, PPP, dan PAN kemudian ikut menolak.

Banyak kalangan menilai, pemben-tukan Pansus Hak Angket sarat dengan manuver politik terhadap kasus E-KTP yang menjerat Ketua DPR RI. Bahkan Mahfud MD selaku Ketua Umum Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (APH-TN-HAN) mengatakan bahwa pembentukan pansus tersebut cacat hukum berdasarkan kajian yang dilakukan oleh 132 pakar hukum tata negara di Indonesia.

Sejak didirikan 15 tahun silam melalui UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tidak Pidana Korupsi, KPK seolah telah menjelma sebagai harapan baru dalam penanganan korupsi. Survei terbaru dari Polling Center dan Indonesia Corruption Watch menyatakan bahwa KPK adalah institusi publik dengan tingkat kepercayaan tertinggi di masyarakat, yaitu 86 persen. Hal itu juga senada dengan hasil survei yang dirilis oleh Syaiful Mujani Research Center (SMRC). KPK berhasil menempati posisi ketiga dengan tingkat kepercayaan publik 86 persen setelah TNI dan Presiden. Ini menjadi bukti bahwa KPK telah menjadi simbol dari upaya publik memerangi tindak pidana korupsi.

 

2017-11-23T16:24:59+00:00

Leave A Comment