///Refleksi Hari Sumpah Pemuda

Refleksi Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah salah satu peristiwa  penting  bagi  bangsa Indonesia yang diperingati setiap tahunnya. Dimotori oleh tokoh-tokoh pemuda seperti Sugondo Joyopuspito, Joko  Marsaid,  Muhammad  Yamin, Amir Syarifudin, dan seluruh pemuda dari berbagai daerah di Indonesia, Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 ini berhasil mengubah lanskap politik Indonesia pada waktu itu.

Harapannya, momen tahunan 28 Oktober ini tentu bukan hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, tapi juga bisa diartikan sebagai momen refleksi pemuda untuk menatap satu peradaban baru yang lebih baik. Dimana generasi muda Indonesia harus menjadi change-maker dalam revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Isu bonus demografi yang akan terjadi pada tahun 2025-2030 setidaknya dapat dijadikan landasan berfikir awal atau starting point untuk membangun Indonesia Emas 2045 atau satu abad kemerdekaan Indonesia.

Salah satu tantangan sekaligus peluang untuk pemuda saat ini adalah era digital. Karena dampak dari era digital ini sekarang telah memiliki peranan yang sangat besar di berbagai bidang; politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Sebagai negara dengan total pengguna internet sebesar 132,7 juta sampai bu-lan Februari 2017, ini menjadi peluang yang sangat strategis untuk membuktikan bahwa generasi muda Indonesia bisa menjalankan amanat para pendahulunya. Menurut laporan TechinAsia, jumlah startup di Indonesia pada akhir tahun 2016 saja telah menduduki posisi tertinggi di ASEAN.

Dukungan dari pemerintah juga termasuk besar dalam mengembangkan potensi pemuda dalam industri ekonomi digital. Salah satunya adalah Gerakan 1000 Startup yang akan dilakukan setiap tahun sampai 2020. Diprediksi, pada tahun 2020 nilai transaksi keuangan online di Indonesia akan mencapai 130 miliar dolar AS atau 1,714 triliun rupiah. Jika ini dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, bukan hal yang mustahil Indonesia akan menjadi negara ekonomi digital terbesar di ASEAN. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

 

2017-11-23T16:29:36+00:00

Leave A Comment