Wikipedia tampak tidak sen­ang dengan proposal reg­ulasi hak cipta online yang tengah digodok Parlemen Uni Eropa. Sebagai simbol protes, pada pekan per­tama Juli 2018, Wikipedia memblokir sementara platform ini di tiga negara, yaitu Spanyol, Italia, dan Polandia. En­siklopedia daring dengan akses gratis tersebut keberatan atas substansi atur­an baru yang hendak diterbitkan Uni Eropa melalui pemungutan suara par­lemen.

Keberatan Wikipedia sekurang-kurangnya terkait dua hal, demikian dilansir Business Insider. Pertama, kewajiban pengelola situs untuk memeriksa kebenaran informasi dan memasang sensor paten dari konten yang diunggah oleh pengguna. Ke-dua, tanggung jawab hukum yang dibebankan sepenuhnya kepada pe-ngelola atas pelanggaran konten pengguna.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengungkapkan, pemberlakuan refor-masi aturan hukum hak cipta daring hanya akan menguntungkan Google dan Facebook yang sudah memiliki kapasitas teknis untuk melakukan filter otomatis. Namun, bagi bisnis kecil atau rintisan maupun platform gratis seperti Wikipedia, aturan tersebut memberatkan. “Kami didorong oleh komunitas sehingga setiap komunitas mengambil keputusan sendiri,” ujar Wales yang diunggah di akun Twitter-nya.

Secara resmi, Wikipedia sendiri telah melayangkan protes melalui keterangan pers. Dikutip dari AFP, Wikipedia Spanyol menyebut bah-wa perubahan regulasi tersebut me-ngancam kebebasan online karena akan menetapkan filter, penghalang, dan larangan baru untuk mengakses situs tersebut. Jika proposal itu disetujui, aktivitas netizen berbagi berita di jejaring sosial ataupun mengakses berita melalui mesin pencari akan menjadi lebih rumit. Itu sebabnya, Wikipedia mengaku ‘terancam’ karena merupakan perusahaan ensik-lopedia online non-profit yang bisa menyebarluaskan berbagai informasi tanpa perlu khawatir terhadap aturan apapun.

Gelombang protes yang dilayangkan secara formal oleh Wikipedia selaku korporasi maupun Jimmy Wales sebagai pemimpin perusahaan telah ditanggapi oleh otoritas terkait. Lewat akun Twitter resminya, Komisi Uni Eropa meyakinkan Wikipedia dan Wales bahwa bisnis ensiklopedia online tidak akan dijatuhkan oleh pemberlakuan hukum hak cipta yang baru. Meskipun demikian, bagi Wales, klarifikasi dari otoritas resmi tersebut tidak masuk akal dan tidak jujur kepada publik. Akankah Wikipedia berdamai dengan regulasi tersebut?