Kemegahan opening dan closing ceremony Asian Games 2018 sukses menyita perhatian dunia. Indonesia sebagai tuan rumah telah berhasil menghelat salah satu pesta olahraga terbesar. Diikuti oleh 11 ribu atlet dari 45 negara, kompetisi olahraga paling bergengsi di Asia tersebut digelar di Jakarta dan Palembang, sejak 18 Agustus hingga 2 September lalu. Rekor baru pun diraih, dari penampilan tarian Ratoeh Jaroe dengan penari sebanyak 1.600 orang yang berganti kostum sebanyak 6 kali hingga atlet termuda berumur 18 tahun dengan perolehan medali terbanyak oleh Rikako Ikee, perenang Jepang yang dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP).

Asian Games kali ini, tidak hanya diikuti lebih banyak atlet dari acara sebelumnya tetapi juga menciptakan sebanyak 13 rekor baru, seperti loncat tinggi galah putra dan putri, tolak peluru putra, serta lempar lembing putri. Tahun ini juga merupakan tahun yang gemilang bagi atlet-atlet Indonesia yang telah meraih 98 medali, dengan perolehan 31 medali emas, 24 medali perak, 43 perunggu. Perolehan medali tersebut berhasil menempatkan Indonesia dalam peringkat keempat negara dengan perolehan medali terbanyak. Tiongkok menempati urutan pertama dengan total medali 289, peringkat kedua diduduki oleh Jepang dengan 205 medali, dan Korea Selatan dengan 177 medali.

Hal ini tentunya merupakan prestasi bagi Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) yang telah menyelenggarakan pertandingan seluruh cabang olahraga dengan baik, meskipun Erick Thohir sempat mendapat teguran dari Olympic Council of Asia dan protes masyarakat terkait banyaknya tiket titipan yang mengurangi slot tiket terjual, sehingga banyak kursi yang kosong serta diperluasnya area ganjil-genap bagi pengendara kendaraan bermotor.

Terlepas dari permasalahan yang ada, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq kagum atas pelayanan terhadap atlet-atlet yang merasa nyaman, Ia juga berharap semangat ini bisa ditularkan ke negara lainnya. Media-media asing juga memuji megahnya opening ceremony yang sangat mencerminkan budaya dan kultur Indonesia yang beragam. Dengan berakhirnya Asian Games, diharapkan hubungan solidaritas antar negara semakin terjalin dan budaya Indonesia semakin mendunia.